Tanya Jawab Seputar EMIS Monitor AKM dan Vervalpd
Pertanyaan ini sangat umum dan juga sering ditanyakan bahkan sering mendapat jawaban hanya saja masih banyak yang belum sempat mengikuti akhirnya menanyakan hal tersebut kembali. maka saat ini admin mencoba merangkum yang semoga bisa membantu menjawab dari pertanyaan bapak/ibu.
Q : Kelas berapa saja yang masuk ke EMIS Monitor AKM?
A : Kelas 4,6,8,11 dan 12
Q : Apakah data siswa AKM muncul jika belum konfirmasi?
A : Tidak
Q : Jumlah maksimum sinkron sebanyak 3x. Trus bagaimana jika jumlah batas maksimum syncron habis?
A : Sudah tidak bisa lagi kecuali pusat membuka kembali dan menambah jatah syncron
Q : Apakah jika data AKM merah apakah perlu membatal Konfirmasi?
A : Tidak perlu cukup perbaiki di EMIS
Q : Berapa lama data berubah di EMIS AKM setelah diperbaiki di EMIS?
A : Paling cepat 1 menit bisa juga lebih 2 jam dan bisa lebih lama lagi tergantung update sistem
Q : Bagaimana memperbaiki data yang merah di AKM?
A : Jika yang merah adalah rombel dan kurikulum maka lakukan perbaikan di EMIS di menu Sarana Prasarana – Rincian Data Ruangan – Klik Aksi Ubah Data Kemudian lengkapi semua isian dan simpan da jika merah pada nama ortu maka lakukan cek pada template info ortu jika ada yang kosong isi lagi dan aploud kembali begitu juga dengan UN jenjang sebelumnya
Q : Apakah bermasalah jikan NISN tidak muncul di EMIS AKM dan apakah bisa lanjut syncron?
A : Tidak bermasalah dan bisa tetap lanjut syncron
Q : Apa fungsi tombol Syncron AKM di EMIS Monitor AKM?
A : Untuk mempercepat data masuk ke server integrasi
Q : Bagaimana cara mengetahui kita sudah berhasil syncron?
A : Bisa di cek di laman pd.data pada menu Pd AKM jika disana ada siswanya maka kita sudah sukses syncron dan saat ini web http://pd.data.kemdikbud.go.id/ lagi eror jadi kita tidak bisa melihat hasil syncron di EMIS Monitor AKM maka solusinya kita tarik data ke BIOUN untuk tingkat MTs bisa menghubungi admin Dinas Kabupaten dan untuk MA bisa menghubungi admin cabang dinas Provinisi untuk menarik data. jika berhasil maka kita sudah sukses sinkron di EMIS Monitor AKM
[9:02:10 AM]Channel EMIS Madrasah:
A : Cek lagi menu konfirmasi siswa mungkin belum konfirmasi dan jika sudah konfirmasi tapi belum muncul maka cek BAP siswa pastikan daftar siswa muncul di BAPQ : Bagaimana jika menu syncron di EMIS Monitor AKM tidak bisa di klik?
A : Silahkan coba secara berkala atau cek kembali data mungkin ada yang kurangQ : Bagaimana jika jumlah siswa di EMIS Monitor AKM dengan EMIS Madrasah beda?
A : Beda karena pasti menghapus siswa atau menambah siswa jadi jika itu terjadi silahkan tunggu update aplikasi dan menyesuaikan karena di EMIS Monitor AKM mengikuti EMIS Madrasah
Q : Apabila di EMIS Monitor AKM Jumlah sesuai tapi di VervalPD belum lengkap apakah bisa kita lanjut klik Syncron?
A: Tidak karena nanti hasilnya akan kurang di BIOUN dikarenakan data menyesuaikan jumlahnya dengan jumlah di vervalPD jika di vervalPD tidak lengkap maka jumlah di BIOUN juga tidak lengkap?
Q : EMIS Madrasah siswa 30 dan di EMIS Monitor AKM jumlah 30 tapi di vervalPD jumlah siswa 29. Apakah nanti ketika di syncron data yang ditarik akan masuk 30 siswa?
A : Tidak karena dia menyesuaikan jumlah yang ada di VervalPD
Q : Siswa belum masuk vervalpd bagaimana solusinya
A : lengkapi data isian di EMIS Madrasah jika sudah lengkap maka tinggal nunggu sistem bekerja
Q : Bagaimana mengatasi siswa doble di VervalPd?
A : keluarkan salah satu
Q : Bagaimana mengatasi NIK dipakek lebih 2 orang?
A : Jika NIK benar maka gak perlu melakukan apa – apa tinggal nunggu pemadanan sistem dengan Disdukcapil
Q : Bagaimana cara mengatasi NISN dipakek lebih dari 2 orang?
A : Patikaan dlu di quality control jika dia ganda dengan sekolah lain yang statusnya sama – sama aktif maka keluarkan di salah satu sekolah yang bukan dimana di aktif belajar, jika statusnya satunya non aktif maka silahkan lapor admin Kab untuk melakukan pengajuan merger
Q : Bagaimana jika siswa aktif berada di menu siswa keluar?
A : Lapor admin Kabupaten
Q : Bagaimana jika nama dan NISN siswa di EMIS Monitor AKM dan vervalpd berbeda?
A : Pastikan biodata di vervalpd valid karena sumber data BIOUN adalah vervalpd
Q : Apakah daftara siswa di residu harus di selesaikan?
A : Jika data di residu yang merah hanya NIK dan ternyata valid maka silahkan abaikan tinggal nunggu sistem bekerja dan jika yang silang NISN maka pastikan NISN yang statusnya dipakek lebih dari satu orang bukan orang lain tapi siswa itu sendiri jadi bisa lihat pada jawaban di atas untuk mengatasinya
Q : Jika NISN di vervalpd beda dengan NISN di ijazah apakah perlu di claim?
A : Jika mau menyesuaikan silahkan tapi jika males tidak masalah resikonya NISN akan beda dengan data ijazah jenjang sebelumnya dan bukan masalah cuma kurang rapi saja.
Sumber : Channel EMIS MADRASAH